Puji Tuhan sehingga saya bisa Lulus dalam Tes Sertifikasi Dosen Tahap I Tahun 2020. Perdana via Aplikasi Sister
INSTRUMEN SERTIFIKASI DOSEN
Deskripsi Diri
IDENTITAS DIRI
1. Nama Dosen yang Diusulkan : |
DIANA CHRISMA IMELDA
WANGANIA |
2.
NIDN : 3.
Perguruan Tinggi
Pengusul : 4.
Nomor Peserta : 5.
Bidang Ilmu : |
0925127301 |
Universitas Teknologi
Sulawesi Utara |
|
0925127301 |
|
Manajemen (571) |
Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2020
A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran
A.1.
Berikan CONTOH NYATA semua usaha
kreatif yang telah atau sedang Saudara lakukan
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan jelaskan dampaknya!
1. Usaha kreatif
Ada dua hal yang memotivasi saya jadi dosen yang pertama
melihat seorang guru besar yang memiliki kharisma dalam membawakan materi di
depan kelas dan kedua melihat seorang dosen yang begitu tampil di depan kelas tangannya
gemetaran caranya dalam mengajar tidak menyenangkan bagi kami mahasiswa. Ini
menjadi pembanding bagi saya. Ketika melihat sang Guru besar saya punya cita-cita untuk menjadi
seorang dosen mirip seperti beliau, saat itu saya bergurau dengan teman mahasiswa
bahwa saya harus jadi dosen. Puji syukur keinginan saya dikabulkan oleh Tuhan,
saya jadi dosen di Universitas Tekniologi Sulawesi Utara. Agar tidak seperti dosen yang kedua, setiap
kali dalam membawakan materi di depan kelas saya selalu mempersiapkan diri
sebaik mungkin. Di awal perkuliahan saya menyampaikan penjelasan umum mata kuliah,disiplin waktu. jadwal
kuliah, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), capaian pembelajaran, aturan perkuliahan, komitmen
kontrak perkuliahan, bentuk/metode pembelajaran,
kriteria penilaian/indikator dan aplikasi pertemuan disusun satuan acara
pembelajaran (SAP). Untuk penyajian materi saya
menggunakan laptop, LCD dan whiteboard; di akhir perkuliahan saya mengadakan evaluasi tanya jawab, kuis
dan memberikan tugas. Tugas ini mahasiswa mengirimkan lewat email kepada saya,
oleh karena itu para mahasiswa diwajibkan memiliki alamat email. Jadwal
perkuliahan saya pas di siang hari antara pukul 11.00-13.00 wita, ini merupakan
tantangan bagi saya karena di jam-jam seperti ini membuat anak didik saya
mengantuk, lapar, haus, atau kurang
bersemangat dalam mengikuti kuliah disebabkan cuaca yang panas. Menyikapi hal
ini maka saya sebagai dosen harus
memiliki strategi pembelajaran supaya mereka fokus dalam mengikuti kuliah.
Misalnya mereview materi dengan menunjuk secara bergiliran atau meminta beberapa orang untuk menjelaskan materi yang
di pelajari sebelumnya. Ini saya lakukan supaya mahasiswa lebih fokus,
konsentrasi dalam mengikuti kuliah, hasilnya selama saya mengajar di jam seperti
diatas saya tidak pernah mendapati mahasiswa tidur didalam kelas.Contoh usaha
kreatif: Pertama, menggunakan media
microsoft powerpoint dan aplikasi whatsapp untuk membantu dalam proses pembelajaran disini saya
menggunakan laptop sendiri. Kedua, Simulasi. Misalnya pada mata kuliah asas-asas manajemen mahasiswa
dibagi menjadi empat kelompok kemudian mereka simulasi di depan kelas materi seperti
Manajemen Bapak, Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka dan Manajemen
Demokrasi.Ketiga, memberikan kuis sederhana pada setiap topik perkuliahan, kuis ini bersifat terbuka dan untuk penilaian
saya berikan kepada mahasiswa lainnya. Keempat, Praktikum
Kewirausahaan/Entrepneurship, disini mahasiswa dilatih untuk menjadi seorang entrepneur dengan membuat
atau mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat misalnya pot bunga dengan bahannya dari handuk
bekas. Kelima, untuk mata kuliah Ekonomi Koperasi saya terapkan strategi
pembelajaran model kooperatif, mahasiswa diberi tugas untuk melakukan visitasi pada kantor koperasi yang ada di
Manado, seperti kantor koperasi propinsi
sulawesi utara, kantor koperasi kotamadya manado, bank bukopin dan koperasi
sejahtera, kemudian mahasiswa diminta untuk membuat laporan dari hasil
kunjungan tersebut; berdasarkan data yang mereka dapatkan mereka membentuk
koperasi mini
2. Dampak perubahan
Pertama: Penggunaan media microsoft powerpoint, tampilannya
saya buat semenarik mungkin tentunya didukung dengan gambar yang berhubungan
dengan mata kuliah yang diajarkan; hasilnya mahasiswa tertarik dan tetap fokus
dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dan jika ada yang kurang paham mereka
sering menghubungi saya lewat whatsapp untuk menanyakan materi yang kurang
mereka pahamii dan lewat aplikasi ini mereka lebih terbuka dalam berkomunikasi
dengan
saya. Kedua: Simulasi, mahasiswa memperoleh pengalaman
melalui situasi yang dibuat sedemikian
rupa sehingga menyerupai keadaan yang sebenarnya dan hasilnya mereka lebih aktif untuk
belajar, menghayati, sekaligus memahami lebih berani dalam mengeluarkan
pendapat dan semakin termotivasi untuk hadir dalam mata kuliah saya. Ketiga,
Pemberian kuis ini dapat mencairkan suasana sehingga proses belajar terasa
lebih menyenangkan karena mereka diberikan kesempatan untuk beragumentasi atas
jawabannya,dengan ini mahasiswa juga dapat mengukur dan mengetahui sampai sejauh mana pemahaman mereka atas materi
yang diberikan. Keempat, Praktikum kewirausahaan/Entrepreneurship ini
mendapatkan respon sangat baik dari mahasiswa, mereka sangat antusias dalam
membuat pot bunga dari bahan handuk bekas karena mereka diberikan kebebasan
untuk berkreatifitas dalam membuat pot bunga ini dan hasil karya dari mahasiswa
ini mereka jual kepada para dosen, mahasiswa dan lingkungan yang ada di luar
kampus. Untuk hasil dari penjualan ini mereka sumbangkan ke Panti Asuhan
Nazareth yang ada di Tomohon
kegiatan ini dipublikasikan di www.utsu.ac.id
dan kelebihannya dibagikan kepada masyarakat
yang di sekitar kampus seperti para pedagang kaki lima, tunanetra dan
gelandangan kegiatan ini juga diliput detikmanado.com. Kelima, dari strategi
pembelajaran kooperatif ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dimana
mereka lebih memahami, dan memperoleh pengetahuan bagaimana prosedur dari
pembentukan sebuah koperasi, jenis-jenis koperasi, jumlah koperasi yang aktif
dan tidak aktif, disini juga mereka langsung mendemonstrasikan/praktekan secara
langsung pembentukan koperasi mini di kelas meskipun usaha koperasi ini hanya
berjalan kurang lebih satu semester dan dampak lainnya memberikan nilai positif
bagi mahasiswa untuk lebih mandiri, mampu bekerjasama juga memiliki toleransi
antar sesama mahasiswa. kegiatan ini saya
publikasikan lewat blog pribadi saya: dianawangania.blogspot.com. Dampak
perubahan disini mahasiswa jadi lebih rajin mengikuti proses belajar mengajar
dan prestasi mereka mengalami peningkatan.
A.2.
Berikan CONTOH NYATA kedisiplinan,
keteladanan, dan keterbukaan terhadap kritik
yang Saudara tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
3.
Kedisiplinan
Saya selalu memiliki komitmen serius dan tekun dalam melaksanakan proses pembelajaran, khususnya mata kuliah yang saya ampu, karena komitmen ini penting guna menjamin kesinambungan kegiatan akademik, dengan adanya disiplin dalam kelas saya dapat mengatur dan mengarahkan pencapaian tujuan dari belajar dan dapat menghindari gangguan-gangguan dalam melakasanakan rencana belajar. Dengan disiplin ini mahasiswa akan terbiasa melakukan kegiatan belajar secara terarah untuk pencapaian tujuan dan dapat membentuk watak dari mahasiswa itu sendiri. bagi mahasiswa lebih ditekankan pada disiplin diri sendiri. Contohnya: masuk kelas tepat waktu, tidak menerima telepon atau main game, facebook, instagram, whatsapp saat kuliah berlangsung dan mereka diminta untuk tepat waktu dalam memasukkan tugas yang mereka kirimkan lewat email. Selalu saya ingatkan pada mahasiswa jika mereka terbiasa hidup disiplin, maka mereka akan hidup sukses dan apa yang mereka inginkan pasti akan tercapai karena suatu keberhasilan harus dibarengi dengan disiplin.Disiplin bukan hanya bertepuk sebelah tangan maksudnya bukan hanya bagi mahasiswa, tapi saya berlakukan buat saya pribadi. Contohnya: saya akan datang limabelas menit lebih awal sebelum kuliah berlangsung baik itu jam mengajar saya di jam pertama atau jam kedua, cara ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa karena mereka melihat saya sudah berada di kampus, saya juga berusaha untuk selalu hadir dalam pertemuan elajar mengajar dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke enambelas. jika ada jadwal kuliah bertepatan dengan hari libur pas tanggal merah, maka saya akan menebus pertemuan tersebut di hari yang lain supaya tatap muka genap enambelas kali pertemuan, jadi penyelenggaraan perkuliahan yang saya lakukan menurut standard jumlah yang ditentukan, dan untuk soal ujian dan penyerahan nilai mahasiswa sesuai dengan jadwal yang ditetapkan., .
4.
Keteladanan
Keteladanan berarti melakukan apa yang diucapkan dan
mengucapkan apa yang sudah dilakukan.Sebagai contoh: ketika dalam
proses belajar mengajar saya memberikan contoh hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal, berbicara dengan bahasa
yang santun, disaat membutuhkan bantuan selalu menggunakan kata tolong atau
terima kasih, ketika bertemu dengan orang lain
selalu menyapa terlebih dahulu dengan
senyuman sambil memberi hormat selamat pagi/siang/sore/malam. Dalam hal
berpakaian selalu memakai baju yang rapi dan sopan baik di ruang kelas maupun
lingkungan kampus. dengan sikap keteladanan yang saya tonjolkan ini saya yakin
akan memberikan pengaruh positif buat para anak didik saya dan mampu
menggerakkan hati para mahasiswa untuk lebih rajin belajar sehingga pencapaian
tujuan dalam pembelajaran dapat terpenuihi, Sudah selayaknyalah sebagai seorang
dosen memberikan teladan yang baik kepada mahasiswa
karena seorang pendidik akan memberikan dampak yang besar pada kepribadian para mahasiswa.
Teladan ini saya tunjukkan juga bagi teman sejawat, staf administrasi, pimpinan
institusi juga kepada masyarakat yang ada di lingkup kampus maupun di luar
kampus. bagi saya seorang dosen tidak
sekedar hanya meberikan perintah kepada mahasiswa, tetapi juga harus disertai dengan tindakan nyata
memberikan contoh yang baik karena keteladanan merupakan obat yang mujarab, Saya juga harus mampu
menampilkan keteladanan yang baik kepada mahasiswa terlebih dalam sikap dan
tingkah laku yang harus sejalan dengan ucapan dan tindakan saya, apalagi dalam
menghadapai anak-anak dijaman milenial.
5.
Keterbukaan terhadap kritik
Saya termasuk salah satu orang yang memiliki sikap senang
kalau dikritik oleh orang lain, baik itu dari pimpinan, teman sejawat, staf
administrasi mauoun dari mahasiswa. Karena kritik adalah media
yang bisa digunakan untuk menilai atau mengukur baik atau tidak, berhasil atau
tidak cara saya mengajar dikelas.
Sebagai seorang dosen saya menyadari bahwa saya juga memiliki keterbatasan makanya didepan mahasiswa saya sering
berkata silahkan krtitik saya, tetapi kritik
yang kalian berikan haruslah kritik membangun, ada kalanya mereka takut
untuk memberikan kritik ini dikarenakan
mereka takut saya tidak akan berikan nilai kelulusan kepada mereka nantinya.
tapi saya tekankan kepada mereka bahwa saya tidak akan marah ataupun simpan dendam atas kritik yang diberikan kepada
saya, karena saya lebih senang kalau diantara peserta didik dengan saya ada
sikap terbuka supaya kedepan proses belajar mengajar dikelas boleh berjalan
dengan baik; saya sering mengatakan kepada mereka bahwa saya ini bisa jadi ibu,
sahabat , teman bagi kalian, akhirnya mereka tidak segan untuk memberikan
kritik bagi saya. Sebagai contoh; ada seorang
mahasiswa yang memberikan kritik dalam hal proses belajar mengajar dikelas seperti
saya
terlalu cepat dalam berbicara atau menjelaskan materi didepan kelas
akibatnya mereka kurang paham dari
materi yang saya sampaikan kepada mereka. Ketika mendapatkan kritikan tersebut saya tidak memarahi mahasiswa tersebut,
tapi saya mengucapkan terima kasih atas kritik yang diberikan
dan menerima dengan lapang dada dan disaat itu juga saya
langsung memperbaiki diri. Saya tidak akan segan untuk meminta maaf kepada
teman dosen atau mahasiswa apabila melakukan
kesalahan, karena bagi saya kritik bukanlah sesuatu hal yang menakutkan
atau akan membuat saya menjadi rendah diri, tapi sebaliknya hal
itu dapat memberikan motivasi untuk lebih memperbaiki diri dari kekurangan
dalam proses belajar mengajar agar tujuan dari pembelajaran boleh terlaksana
dengan baik.
B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian
B.1.
Sebutkan publikasi karya-karya
ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya dengan cara
mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan
keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut
memiliki nilai inovatif.
6.
Publikasi karya ilmiah
Ada empat karya ilmiah yang sudah saya buat dan
dipublikasikan: 1) Peran Teknologi
dan Investasi Human Capital
sebagai Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas, bidang keilmuan 160105
manajemen-sumber daya manusia-manajemen kinerja. Yang dipublikasikan lewat
Jurnal Ilmiah Universitas Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu
volume 1 nomor 1 Tahun 2013 ISSN 2354-709X pada tanggal 18 Desember 2013. 2)
Analisis Faktor yang memepngaruhi keunggulan Bersaing Produk dalam Rangka
meningkatkan Kinerja Pemasaran, bidang keilmuan 290204 manajemen dan
ekonomi-manajemen industri-manajemen pemasaran. ini dipublikasikan lewat Jurnal
Ilmiah Universitas Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu volume
2 nomor 1 tahun 2014 ISSN 2354-709X pada tanggal 17 desember 2014. 3) Proses
Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai Sekretariat Pemerintah Kabupaten
Minahasa Utara, bidang keilmuan 290203 manajemen ekonomi-manajemen industri-
manajemen sumber daya manusia. Dipublikasikan lewat Jurnal Ilmiah Universitas
Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu volume 3 nomor 1 tahun 2015 ISSN 2354-
709 pada tanggal 22 juni 2015. 4) Keunggulan Bersaing;
Faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampaknya pada Kinerja Selling-in, bidang
keilmuan 294204 manajemen dan
ekonomi- manajemen
industri-manajemen pemasaran. Dipublikasikan lewat Jurnal Ilmiah Universitas
Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu
volume 6 nomor 3 tahun 2016 ISSN 2354-70909 pada tanggal 15 juni
2016
7.
Makna dan kegunaan
Makna dan kegunaan dari penelitian: 1) Peran teknologi dan
investasi human capital sebagai pemicu
pertumbuhan ekonomi berkualitas, peran teknologi pendidikan ini memberikan
pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,
walaupun pertumbuhan ekonomi yang ada cukup tinggi tapi belum berkualitas
karena secara riil belum mampu untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan
yang ada. Jadi makna dan kegunaan dari penelitian ini adalah dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas
diharapkan mampu untuk mengurangi
pengangguran dan kemiskinan yang ada sehingga kesejahteraan masyarakat akan terwujud, 2) analisis faktor yang
mempengaruhi keunggulan bersaing produk dalam rangka
meningkatkan kinerja pemasaran, kita mampu untuk menganalisis strategi
menciptakan keunggulan yang
berkompetitif, sehingga suatu produk itu bisa bersaing dengan yang lainnya. 3)
Proses rekrutmen dan seleksi pada kinerja pegawai sekretariat pemerintah kabupaten
minahasa utara yaitu dapat memberikan kontribusi bagi pegawai sekretariat yang
ada di kabupaten minahasa utara dalam melakukan
proses rekrutmen dan seleksi pada kinerja pegawai
untuk memperoleh
tenaga kerja yang berkualitas.4) Keunggulan bersaing
faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampak
nya pada kinerja selling-in yaitu diperolehnya kemampuan melalui suatu
karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan lain pada industri atau pasar
yang sama. Jika keempat penelitian ini dihubungkan dengan pengembangan
keilmuan/keahlian saya sebagai seorang dosen dalam hal ini jsaya harus punya kemampuan dalam menggunakan tekonogi untuk
menunjang kinerja saya sebagai seorang dosen karenaa dengan
meningkatkan kualitas pendidkan dan sumber daya dalam hal ini dosen dan mahasiswa, maka kampus kami ini akan
dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat luas, begitu juga dalam hal
produk disini adalah kampus kami, sebagai dosen saya harus menciptakan strategi yang baik, maka
kampus kami ini akan dapat menciptakan tenaga kerja
yang unggul dan dapat bersaing dengan kampus lainnya.
8.
Nilai inovatif
Nilai Inovasi dari penelitian saya tentang 1)peran
teknologi ini yaitu dapat menghubungkan saya dengan mahasiwa dalam hal
berbicara dunia internet, disini saya mengaplikasikannya lewat semua tugas yang di berikan kepada
mahasiswa yang kemuadian mereka kirimkan hasilnya lewat email, dengan ini saya
dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan teknologi, sehingga
kualitas sumber daya mereka tidak dapat diragukan. 2) jika dihubungkan dengan mata kuliah yang saya ajarkan yaitu
entrepreneurship/kewirausahaan untuk poin yang kedua yaitu saya terapkan kepada
mahasiswa bagaimana menciptakan suatu produk yang mampu untuk bersaing dalam
sebuah praktikum disitu mereka dapat berkreasi sesuai dengan keinginannya.
3)Proses rekrutmen dan seleksi pada kinerja karyawan yaitu lebih kreatif,
inovatif, konsisten dan memiliki wawasan yang luas serta bertanggung jawab
sepenuhnya dalam pekerjaan. 4) Keunggulan bersaing ini yaitu bagaimana
menciptakan srategi dalam keunggulan bersaing dalam suatu produk. Dalam penelitian yang saya buat ini
terdapat nilai-nilai inovatif yang dapat
dihubungkan saya kembangkan di
kampus tempat saya bekerja sekaligus mengabdi sebagai seorang dosen dan pastinya saya akan kembangkan dalam
proses belajar mengajar, agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas
serta mampu untuk bersaing ketika anak didik saya masuk dalam dunia kerja.
B.2.
Berikan CONTOH NYATA konsistensi
dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.
9.
Konsistensi
Konsisten merupakan suatu tindakan yang sangat penting
dalam peningkatan kinerja seorang dosen seperti
konsisten dalam menggunakan strategi pembelajaran, misalnya bagaimana saya menggunakan
metode dan teknik yang benar dan dalam hubungan sehari-hari baik sesama dosen
teman sejawat, pimpinan maupun dengan mahasiswa. Selama ini saya selalu
menentukan tujuan dan batasan spesifik dengan arah yang jelas supaya saya
selalu benar-benar memiliki sikap yang konsisten,
saya selalu berusaha untuk bertindak secara konsisten terhadap apa yang menjadi
tanggung jawab saya sebagai seorang dosen. Sebagai contoh, saya selalu menepati
janji kepada setiap orang, baik itu
kepada mahasiswa, teman sejawat maupun kepada atasan atau pimpinan, karena bagi
saya pendirian yang konsisten akan dapat dijadikan modal dasar dalam membangun
kebersamaan. Salah satu bentuk konsisten yaitu tetap mempertahankan dan
meningkatkan profesionalisme saya dengan
berusaha melakukan kegiatan
yang konsisten ini dapat dilihat
dari
jenjang pendidkan yang saya tempuh dari S1 dan S2 saya
memfokuskan pada program studi manajemen
dengan harapan dapat memiliki keahlian dan mengembangkan ilmu yang saya miliki
serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka. Contoh lainnya adalah ketilka dalam
membuat karya ilmiah, saya harus konsisten pada bidang ilmu yang telah saya
tekuni supaya hasil yang didapatkan dari pembuatan karya ilmiah ini benar-benar
bisa digunakan untuk pengembangan
keilmuan yang saya milik. Saya juga sangat menjunjung tinggi konsistensi baik
dalam bersikap dan bertindak untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme.
10.
Target kerja
Sebagai insan perguruan tinggi yang dihadapkan dengan
berbagai fenomena dan kegiatan dalam rangka mengabdikan diri pada bangsa dan
negara terutama dibidang pendidikan yang tugas
pokoknya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi harus memiliki
semangat yang tinggi, sehingga berbagai permasalahan yang dihadapi dapat
diselesaikan. Tetap semangat dalam melaksanakan
berbagai aktivitas agar dapat menyelesaikan kegiatan dalam sebuah organisasi
dengan merumuskan target pencapaian dan menerapkan disipin kerja. Saya selalu
bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi,
sehingga tugas yang saya embani dapat
terselesaikan sesuai dengan target/waktu yang direncanakan kerja. Supaya saya dapat menyelesaikan proses belajar
mengajar sesuai dengan target kerja yang sudah ditetapkan oleh pihak akademik, maka saya selalu mengacu pada
Rencana pembelajaran semester (RPS) dan Satuan acara pembelajaran (SAP). Dalam
melaksanakan tugas sebagai seorang dosen saya memiliki target kerja, yaitu: pertama pada
akhir tahun 2020, saya akan mempublikasikan jurnal ilmiah yang telah saya buat
secara individu yang tertulis pada riwayat penelitian pada aplikasi sister.
Kedua, di awal tahun 2021 saya akan membuat karya ilmiah dengan melibatkan
teman sejawat sesama dosen maupun dengan melibatkan mahasiswa serta
mempublikasikannya sebagai jurnal nasional yang terakreditasi. Sebagai dosen
mata kuliah entrepneurship/kewirausahaan target saya yang ketiga pada akhir
tahun 2021 adalah membuat bengkel Entrepreneurship atau Kewirausahaan di kampus dengan melibatkan mahasiwa sehingga
potensi dari mahaiswa bisa digali, disamping itu saya dapat mengembangkan ilmu
dan keahlian saya sebagai seorang dosen.
C. Pengabdian kepada Masyarakat
C.1.
Berikan CONTOH NYATA penerapan
keilmuan/keahlian Saudara dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Deskripsikan dampak perubahan dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan tersebut!
11.
Kegiatan PKM
Salah satu pilar Tridharma Perguruan TInggi adalah
Pengabdian kepada Masyarakat, dimana kegiatan
pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencakup upaya-upaya
peningkatan kualitas sumber daya manusia anatara lain dalam hal perluasan
wawasan, pengetahuan maupun peningkatan ketrampilan yang dilakukan oleh civitas
akedemika sebaga perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan
aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas. Pembinaan
dan pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk menjadikan Universitas
Teknologi Sulawesi Utara unggul dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.saya
telah melakukan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Sebagai Contoh: Tahun 2015 dua kali dalam
setahun melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang pertama di desa
Kuwil sebagai Ketua, saat itu saya bersama dengan Kaprodi Sospol, Kaprodi
Komunikasi bersama dengan rekan-rekan dosen
mendampingi mahasiswa dari Prodi
Sospol dan Komunikasi. Yang kedua di Sekolah Luar Biasa Damai Tomohon,status sebagai Ketua dan saat itu saya mendampingi
mahasiswa dari Fakultas Ekonomi. Tahun 2017 dua kali dalam setahun melakukan
perkunjungan, yang pertama di Panti Werdha Ranomuut
sebagai Ketua mendampingi mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Ekonomi dan yang
kedua di Bina Netra Tumoutou Perkamil, sebagai ketua saya mendampingi mahasiswa
dari prodi Manajemen, Sospol dan komunikasi. Tahun 2018 Trip tiga Pulau
(pulau Bunaken, Siladen, Naen), status saya sebagai Anggota. Tahun 2019 di
Panti Asuhan Nurul Hidayah Sea, status saya sebagai
Ketua saat itu Kaprodi Manajemen dan teman dosen ada yang ikut
mendampingi mahasiswa prodi Manajemen dan Studi Pembangunan
12.
Dampak perubahan
Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat membawa
pengaruh positif baik di pihak masyarakat,
institusi lebih khusus lagi mahasiswa. Sebagai contoh: bakti sosial yang
dilakukan di desa Kuwil di tahun 2015
kalau di pihak masyarakat mereka begitu merespon kegiatan PKM yang kami lakukan sehingga membawa dampak
perubahan yang positif, seperti kegiatan mapalus yang mulai pudar, nampak jelas di hari saat kami melakukan
kegiatan bakti sosial, walaupun nilai cukup kecil tapi berdampak cukup besar,
saat itu warga masyarakat berlomba-lomba untuk memberi diri dalam mengerjakan jalan yang merupakan akses menuju desa
Kuwil. Demikian juga dalam kegiatan PKM
di tahun 2017 saat kunjungan di Panti Werdha Perkamil, kami di sambut dengan
penuh sukacita oleh penghuni panti yaitu orang tua lanjut usia; juga ketika di
tahun yang sama kami mengadakan
kunjungan di Bina Netra Tumoutou disana kami disambut sangat baik orang para
Tunanetra dan dampak perubahan dari para Lansia dan Tuna Netra, nampak ada
kebahagiaan terpancar dari wajah mereka ketika menyambut kedatangan kami civitas Universitas Teknologi
Sulawesi Utara. Tahun 2018 ketika kami civitas Universitas
Teknologi Sulawesi Utara melakukan PKM di tiga pulau seperti pulau Bunakaen,
SIladen dan Naen; kegiatan yang kami lakukan saat itu yaitu pembersihan
sampah-sampah plastik yang ada dipinggir pantai, dampaknya pantai jadi bersih
dan para wisatawan akan semakin tertarik untuk berwisata di tiga pulau
tersebut. Dalam setiap kegiatan PKM
saya selalu melibatkan mahasiswa karena saya ingin mendidik mereka untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi,
karena melihat sifat peduli kepada sesama manusia yang kelihatannya sudah mulai
terkikis karena perubahan zaman atau perkembangan dunia yang semakin canggih. Harapan saya para
mahasiswa ini selalu dapat bersyukur dengan keadaan mereka saat ini, memiliki sikap tahu menghargai terhadap orang
lain, serta nilai-nilai positif lainnya. Sedangkan dampak perubahan bagi
mahasiswa yaitu mereka semakin termotivasi untuk mau belajar dan semakin
rajin mengikuti kuliah/proses belajar mengajar yang ada di kampus.
13.
Dukungan masyarakat
Tanpa tujuan yang jelas dan berkelanjutan dipastikan
dukungan yang di daptakan dari masyarakat sangat terbatas bahkan mungkin
negatif. Tapi ketika kami melakukan kegiatan PKM, saya melihat antusiasme dari
masyarakat cukup tinggi. Sebagai contoh; ketika kami melakukan kegiatan bakti sosial di desa kuwil dalam rangka
pembuatan jalan menuju jembatan. Saat itu kami disambut dengan sangat baik oleh
pemerintah desa kuwil dalam hal ini bapak Hukum Tua dan Ketua Badan
permusyawaratan desa beserta dengan masyarakat yang ada di desa kuwil.
Perkunjungan kami ini sangat berkesan
karena masyarakat dan pemerintah memberikan kami buah-buahan sebagai tanda ucapan terima kasih atas perkunjungan
kami saat itu, meskipun cuaca hujan gerimis tapi kegiatan itu berjalan dengan
baik sesuai dengan apa yang diharapkan.Contoh lainnya ketika kami civitas
Universitas Sulawesi Utara melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di tiga
pulau yaitu Bunaken, Siladen dan
Naen; dukungan masyarakat dari ketiga pulau pun sangat baik ketika terhadap
kami, bahkan baru turun dari perahu pelang kami langsung disambut oleh
masyarakat, sampai kamipun di jamu dengan makanan oleh masyarakat, ketika kami
pulang pun mereka menyempatkan diri
memberikan kami oleh-oleh hasil laut berupa ikan yang merupakan tangkapan
mereka di malam hari. Saya bersyukur kepada Tuhan karena disetiap kegiatan PKM
yang kami lakukan selalu mendapatkan
respons positif dari masyarakat.
C.2.
Berikan CONTOH NYATA kemampuan
berkomunikasi dan kerjasama yang Saudara
tunjukkan dalam pengabdian kepada masyarakat.
14.
Kemampuan berkomunikasi
Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah
penting dalam pendidikan dan pekerjaan, karena dengan komunikasi
yang baik dapat membantu saya untuk tampil lebih baik di tempat kerja serta
dapat menciptakan kesan yang baik tentang diri saya serta dapat menjamin
hubungan yang lebih luas. Komunikasi yang efektif akan terjadi apabila terdapat
aliran informasi dua arah dan informasi tersebut sama-sama di respon. Dengan
adanya ketrampilan dalam berkomunikasi
dapat membantu saya menjalin sebuah hubungan yang baik dengan mahasiswa, rekan
sejawat, staf administrasi maupun pimpinan kampus. dalam hal membangun hubungan
yang
sukses serta dapat meningkatkan produktivitas kerja. Dalam melaksanakan
tugas saya sebagai dosen saya selalu menjalin kerjasama
dan berkomunikasi dengan baik, sehingga
tidak diketemukan
kendala dalam pelaksanaan tugas saya sebagai dosen. Sebagai
contoh; dalam pelakasanaan pengabdian
kepada masyarakat di Panti Werdha Ranomuut , disana saya berhadapan dengan para
orang tua lanjut usia yang kita ketahui bersama kalau berhadapan dengan nenek-nenek
ini jika kita tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik atau apabila saya tidak
dapat berkomunilkasi dengan mereka pastinya nenek-nenek ini tidak ada
respons sama sekali dengan saya dan para mahasiswa yang hadir saat kegiatan
PKM. Begitu juga dengan PKM yang dilaksanakan di Bina Netra Perkamil disana para penghuni panti semuanya
mengalami kebutaan secara jasmani, tapi meskipun mereka tidak dapat melihat,
mereka memiliki mata hati yang peka, dalam kegiatan PKM ini kami dapat berinteraksi dengan baik bahkan
seringkali terdengar tawa diantara mereka. ada beberapa orang yang minta izin
untuk pergi sholat di mesjid, selesai sholat merek langsung balik sambil
berlari-lari untuk kembali bergabung dengan kami civitas Universitas Sulawesi
Utara ini salah satu bukti nyata
bahwa saya mampu untuk berkomunikasi-menyampaikan informasi yang dapat dipahami oleh mereka.
15.
Kemampuan kerjasama
Ketika mengembangkan inisiatif untuk terlibat dalam
aktivitas kelompok, disitu saya belajar bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama.karena bagi saya kerjasama itu adalah keinginan untuk bekerja
dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok tersebut, bukan bekerja secara terpisah atau
saling berkompetisi. Kemampuan bekerjasama sangat diperlukan karena sebagai
makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
manusia akan selalu membutuhkan manusia lain. Kerjasama yang dimaksud
disini ayaitu harus disertai dengan pengertian, saling menghargai dan sling
membantu. Mampu bekerjasama dalam tim
kerja dan mampu menempatkan diri dengan baik sebagai pemimpin maupun anggota
tim kerja. Sebagai contoh: kegiatan
PK M yang saya sudah lakukan pada tahun 2015 didesa Kuwil, di SLB Damai Tomohon, tahun 2017 di panti
werdha Ranomuut, di Bina Netra Tumoutou Perkamil, tahun 2017 ketika melakukan PKM di tiga pulau yaitu Bunaken,
Siladen dan Naen, tshun 2019 di panti Asuhan Nurul Hidayah Sea; kesemuanya
dapat berjalan dengan baik karena ada kerajasama antara saya sebagai dosen dan
dengan para mahasiswa terlebih lagi bagi pengurus panti, penghuni panti yang
saat itu kami kunjungi dan bagi masyarakat yang ada desa kuwil juga yang ada di
pulau bunaken, siladen dan naen.
D. Manajemen/Pengelolaan Institusi
D.1.
Berikan CONTOH NYATA kontribusi
Saudara sebagai dosen, berupa pemikiran untuk meningkatkan kualitas
manajemen/pengelolaan institusi (universitas, fakultas, jurusan, laboratorium,
manajemen sistem informasi akademik, dll), implementasi kegiatan, dan bagaim
16.
Implementasi kegiatan dari
usulan/pemikiran
Untuk peningkatan kualitas manajemen/pengelolaan institusi
saya mengusulkan: pertama; membuka kantin kewirausahaan dengan melibatkan
mahasiswa dari segi pengelolaan, dengan adanya kantin Kewirausahaan dapat
memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk praktek secara langsung bagaimana menjadi
seorang entrepreneur walaupun baru mulai dari usaha
yang kecil, bagaimana memulai usaha yang baru, mengelola keuangan yang
ada dan mereka langsung merasakan profit dari usaha yang mereka jalankan. Jadi
disini saya ingin merubah minzet mereka
bahwa menjadi seorang entrepneur itu tidaklah sulit, jika mereka sudah dilatih
sejak masih di bangku kuliah kedepan
setelah mereka tamat nanti mereka bisa mebuka usaha sendiri. Kedua; Dengan
melihat latar belakang sulitnya ekonomi saat ini berdampak bagi dosen tidak
tetap yang hanya mengharapkan honor
dari pihak yayasan, kadang honor yang diterima sering terlambat sehingga
membuat para dosen kewalahan untuk mendapatkan pinjaman uang dimana-mana Maka saya memberikan usulan kepada intitusi
untuk membuka koperasi di kampus dan untuk masalah Kepengurusan langung ditangani oleh Dosen
yang memiliki capability dibidang koperasi
dan
untuk anggota dilibatkan seluruh dosen yang ada di Universitas
Teknologi Sulawesi Utara. Tujuan dibuka kopersi kampus yaitu untuk
kesejahteraan para dosen baik dosen tetap maupun dosen tidak tetap. Ketiga;
memberikan piagam penghargaan kepada dosen ataupun bagi mahasiswa yang akan ikut kegiatan Pengabdian kepada
Masyarakat.
17.
Dukungan institusi
Setiap kegiatan yang saya lakukan selalu mendapatkan
support dari pihak institusi, Terbukti dari ketika mahasiswa melakukan penjualan di
kampus pihak institusi terlbat langsung dalam membeli hasil jualan dari
mahasiswa, bahkan mereka turut mepromosikan hasil jualan tersebut supaya boleh dibeli oleh para dosen yang ada.
dari sikap yang ditunjukkan oleh pihak institusi menyatakan bahwa mereka sangat bangga dengan adanya
kegiatan seperti ini.. Begitu juga usulan dalam membuka koperasi untuk para
dosen, pihak institusi merasa terbantu dengan adanya koperasi ini berarti bisa
meningkatkan kinerja para dosen dalam melaksanakan tugas di Universitas
Teknologi Sulaweesi Utara. Demikian halnya dengan usulan saya yang ketiga yaitu
memberikan piagam penghargaan kepada
dosen dan mahasiswa ini langsung ditindaklanjuti oleh pihak institusi terbukti
ada dua piagam penghargaan yang diberikan kepada saya yang ditandatangani oleh
bapak Rektor pada piagam pertama dan Wakil Rektor III urusan kemahasiswaan pada
piagam yang kedua. Pertama: Piagam penghargaan sebagai pembimbing dalam
kegiatan Peduli Pendidikan di Sekolah Dasar
GP di Talawaan kabupaten Minahasa Utara. Kedua: Piagam penghargaan sebagai
pembimbing dalam kegiatan
pengabdian kepada masyarakat peduli kasih pada anak-anak panti
asuhan
Nazaret di Tomohon.
D.2.
Berikan CONTOH NYATA kendali diri,
tanggung jawab, dan keteguhan pada prinsip
yang Saudara tunjukkan sebagai dosen dalam implementasi manajemen/pengelolaan
institusi.
18.
Kendali diri
Kendali diri adalah sikap mengendalikan pikiran dan
tindakan agar tindakan kita sesuai dengan norma-norma yang benar. Berbicara
pengendalian diri merupakan hal yang
sangat penting terutama bagi saya sebagai seorang dosen,
jika saya memiliki kontrol diri maka saya dapat mengontrol tindakan dan emosi
ketika berada di depan kelas dalam proses belajar mengajar dan menghadapi sikap
dan prilaku dari setiap mahasiswa. Sebagai contoh: jumlah mahasiswa dalam kelas
berjumlah 35 orang, tentunya ada 35 karakter yang berbeda . Ada yang memiliki
karakter pendiam, pemalu, tertutup, terbuka, egois, pemarah, suka usil, suka
mencari perhatian, pandai, sabar,
memiliki sifat mencoba, dan lain-lain. Nah dalam menghadapi sikap dan perilaku
yang demikian, membutuhkan pengendalian diri yang kuat, jika emosi saya muncul
atau langsung marah- marah, maka di
situlah saya akan menjadi bahan lelucon bagi mahasiswa-mahasiswa. Ini biasanya
ditemui pada waktu pertemuan ke dua kali tatap muka dengan mahasiswa. Sebagai
contoh: saya pernah mengalami hal semacam ini, yaitu ketika saya mengajar pada
semester 3, ketika saya sementara menjelaskan di depan kelas, ada mahasiswa
yang duduk di kursi paling belakang tempat duduk sedang asyik bercerita dengan
teman disamping kiri dan kanan. Ini benar-benar memancing emosi saya karena
suara mereka sangat berisik sampai tertawa-tawa otomatis kelas yang tadinya
tenang jadi gaduh. Saat itu saya langsung mendatangi tempat duduk mereka dengan
wajah yang ramah dan tenang sambil menyerahkan spidol kepada yang menjadi biang
kerok di kelas serta meminta mahasiswa tersebut untuk menjelaskan kembali
materi yang sedang saya jelaskan sambil menulis pada whiteboard yang ada di
depan kelas. Hasilnya pada
pertemuan-pertemuan selanjutnya mahasiswa ini lebih fokus mengikuti
materi perkuliahan saya.
19.
Tanggung jawab
Saya bersyukur kepada Tuhan karena setiap tugas yang
diberikan kepada saya dapat diselesaikan sesuai dengan target dan jadwal yang
sudah disepakati. terlebih dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai
seorang dosen, selalu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan selalu
menjaga nama baik institusi, pimpinan maupun nama baik saya pribadi. Sebagai
contoh; Pertama, saya diberikan tanggung jawab untuk mendampingi para mahasiswa
dalam melakukan berbagai macam kegiatan PKM, seperti menjadi seorang pembimbing
dalam kegiatan tersebut. jadi saya harus
benar-benar menjalankan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab sehingga
setiap kegiatan yang di laksanakan boleh berhasil dengan baik, dan setiap tahun
kegiatan tersebut dapat dilakukan kembali di setiap semester sesuai dengan
kalender akademik. Kedua, ketika saya diberikan
tanggung jawab menjadi Pembimbing Proposal dan Skripsi; ini harus saya lakukan
dengan penuh tanggung jawab karena apabila saya hanya setengah hati atau kurang
bertanggung jawab maka proposal dan skripsi yang dihasilkan nantinya tidak
sesuai dengan apa yang diharapkan. Imbasnya kepada mahasiswa ketika mereka akan
duduk dalam kursi pesakitan atau keika akan tampil untuk mempresentasikan hasil proposal dan skripsinya. Tapi sebalinya jika saya
lakukan tugas yang diberikan institusi kepada saya dengan
penuh tanggungjawab maka mahasiswa bimbingan saya akan lebih percaya diri
ketika maju dalam presentasi ujian proposal dan skripsi
20.
Keteguhan pada prinsip
Sebagai seorang dosen saya harus berpegang teguh pada
prinsip. Prinsip saya adalah anak didik
saya harus menyelesaikan studi mereka di Universitas Teknologi Sulawesi
Utara. Karena bagi saya keberhasilan mereka adalah keberhasilan dan kebanggaan
saya juga, disamping itu secara moral saya tidak memiliki beban sedikitpun.
Tentunya keluaran mereka dari institusi ini
harus berkualitas. Sebagai
contoh, dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa proposal dan
skripsi, ada satu anak mahasiswa setelah ujian proposal sudah tidak
pernah lagi lakukan konsultasi, nanti waktu penentuan ujian skripsi yang
bersangkutan baru menghubungi saya lewat aplikasi whasapp katanya mau minta
tanda tangan, saya terkejut tidak pernah konsultasi tapi kenapa tiba- tiba
mau minta tanda tangan untuk ujian Skripsi jawaban saya kepada yang
bersangkutan kamu harus datang temui saya perlihatkan dulu hasil penelitian
kamu, saya akan pelajari dulu. Dan ternyata Skripsinya amburadul, saya
sampaikan kepada mahasiswa tersebut bahwa dia belum layak untuk ikut ujian skripsi
karena hasilnya tidak layak. Saya perlihatkan alasan saya yang didukung dengan
tulisan yang ada dalam Skripsi tersebut. Saya tetap idak akan tanda tangan
jikalau kamu tidak melakukan perubahan, misalnya abstraknya menunjukkan objek
yang berbeda dengan isi Skripsinya, begitu juga dalam penulisan daftar isi dan
lain-lain saya tunjukkan kepada yang bersangkutan. Disini saya tetap teguh pada
prinsip saya. Dan setelah mahasiswa ini melakukan perubahan baru kemudian saya
tandatangan. Akhirnya mahasiswa tersebut mengakui kesalahannya dan meminta maaf
dan mengucapkan terima kasih kepada saya atas koreksi dan bimbingan yang telah
saya berikan kepadanya.
E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan
E.1.
Berikan CONTOH NYATA peran Saudara
sebagai dosen, baik berupa kegiatan maupun pemikiran dalam meningkatkan
kualitas kegiatan mahasiswa dan bagaimana dukungan institusi dalam
implementasinya.
Saya sering melibatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan yang
saya lakukan misalnya kegiatan bakti sosial ini bisa dilihat di blog pribadi
saya dianawangania.blogspot.com. Peran saya dalam
kegiatan mahasiswa yaitu sebagai pembimbing dalam kegiatan himpunan mahasiswa
jurusan dan sebagai pendamping dalam
aktivitas mahasiswa yang dilaksanakan di pulau Lihaga Likupang. Berbicara
tentang minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa adalah sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh perguruan
tinggi, jadi mengembangkan potensi yang mereka miliki merupakan tanggung jawab
dari perguruan tinggi tersebut. Untuk itu saya sebagai dosen merasa bertanggung
jawab untuk meningkatkan kualitas mahasiwa tersebut lewat pemikiran-pemikiran
yang ada. Sebagai Contoh, pertama,
Bengkel Kewirausahaan, mahasiswa memiliki peluang untuk berbisnis atau
berwirausaha sendiri makanya harus ada wadah untuk tempat mereka
berkreatifitas. Kedua Unit kegiatan mahasiswa (UKM) harus menonjolkan kegiatan
olahraga, dan seni tari. Ketiga Pertukaran
mahasiswa antar universitas Keempat, Lomba dalam karya tulis ilmiah, Lomba membuat
design komputer, Kelima, Membuka kesempatan untuk mahasiswa menjadi asisten dosen Keenam. Bidang keagamaan, melakukan
kerjasama dengan universitas swasta dan negeri dalam hal kerohanian. Dari hasil pemikiran
saya, ini dapat menampilkan bakat para mahasiswa asalkan pihak
mahasiswa juga mau memberi diri untuk kegiatan tersebut. Demikian hasil
pemikiran saya yang bisa digunakan dan diaplikasikan untuk pengembangan
kualitas dari mahasiswa, jika ini dilakukan
saya yakin kualitas dari mahasiswa ini tidak diragukan lagi ini akan memberikan
nilai tambah bagi mereka.
22.
Implementasi peran
Dalam meng-implementasikan peran baik sebagai pembimbing
atau sebagai pendamping saya selalu
meningkatkan daya nalar dan ketrampilan para mahasiswa, sesuai dengan minat, kemampuan dan bakat yang mereka
miliki, termasuk memupuk rasa percaya diri, sikap berani, tanggung jawab serta
mengembangkan potensi diri mahasiswa untuk lebih kreatif supaya mereka lebih mandiri dan dapat bersaing
secara positif ketika berada di kampus dan di luar kampus. Intinya mereka dapat menjadi trampil dan
handal ketika memasuki dunia kerja nanti dan melalui kegiatan ini pula saya menanamkan jiwa
sosial bagi mahasiswa disamping itu saya sering melakukan pendekatan secara
psikologis kepada mereka, supaya mereka merasa nyaman dan selalu meminta nasehat kepada saya di saat
menghadapi masalah. Mahasiswa harus diberikan peluang
supaya lebih kreatif dan inovatif dalam meng-iImplementasikan pemikiran
yang pertama dari bengkel
kewirausahaan, saya mengambil kata bengkel bukan berarti bengkel tempat
reparasi motor tatapi bengkel di
sini adalah bahasa iklan, di bengkel ini mahasiswa bisa mengeluarkan bakat mereka, menyalurkan kreatifitas, berinovasi
dibengkel kewirausahaan ini, karena bengkel ini
merupakan wadah atau tempat bagi mereka. dalam memulai
usaha awal memang begitu sulit tapi jika ada kerjasama yang baik maka pasti
akan menjadi lebih dikenal oleh khalayak ramai. Disini peran mahasiswa
yang paling menonjol karena mereka yang harus terjun langsung di bengkel
kewirausahaan ini tapi saya sebagai dosen pembimbing akan senantiasa membimbing
mereka. Kedua dalam bidang
olaharaga, misalnya bela diri, bola volley, dalam Seni Tari ditonjolkan tarian
daerah seperti maengket dan katrili tentunya harus mendatangkan tenaga ahli
untuk melatih mahasiswa dalam menari. dari seni tari ini disamping kualitas
mahasiswa yang ditampilkan juga budaya yang ada bisa dikembangkan. Ketiga, pertukaran
mahasiswa antar universitas sangat bagus, pihak
insitusi harus membuat surat kerjasama antar universitas. Keempat; lomba karya
tulis ini mempersiapkan mahasiswa nantinya untuk masuk dalam penyusununan
proposal dan skripsi. Lomba design
komputer mahasiswa akan lebih mahir nantinya dibagian komputer. Kelima Asisten Dosen bagi mahasiswa, kalau dosen
diambil dari alamamater yang ada otomatis jiwa memiliki intitusi ini semakin
kuat didalam diri mahasiswa ini, maka akan didapatkan totalitas kerja dalam bekerja
sebagai dosen ini bisa diambil mahasiswa yang berprestasi. keenam, Keagamaan jika mereka melakukan kerjasama dengan
universitas negeri atau swasta akan lebih membuka wawasan mereka tentang dunia kerohanian. Intinya dalam
mengimplementasikan pemikiran-pemikiran saya
dibutuhkan keuletan, tekun, harus loyal, bertanggung jawab, memiliki
pikiran yang positif dan kerjasama
dari semua pihak pihak baik antar mahasiswa, dosen dan pihak intitusi yang ada.
E.2.
Berikan CONTOH NYATA interaksi
yang Saudara tunjukkan dalam peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa dan
manfaat kegiatan baik bagi mahasiswa institusi Saudara, maupun pihak lain yang
terlibat.
23.
Interaksi dengan mahasiswa
Interaksi merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup
tanpa bantuan dari orang lain, sebagai makhluk sosial selalu mempunyai
keinginan dan kebutuhan berinteraksi dengan orang lain dimana interaksi itu
terjadi karena manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya seorang diri.
Contohnya, sebagai seorang dosen dalam melakukan proses belajar mengajar tidak
bisa jalan kalau tidak ada mahasiswa
yang hadir untuk mengikuti proses perkuliahan, disini tidak akan tercipta
proses belajar mengajar, menyadari adanya keterkaitan anatara dosen dan
mahasiswa, makanya dalam berinteraksi dengan setiap mahasiswa
saya selalu menunjukkan sifat empati, memberikan motivasi dan selalu mendampingi mereka dalam setiap kegiatan
supaya mereka lebih percaya diri. Disamping
itu saya selalu menyediakan waktu bagi mahasiswa yang ingin sharing masalah
perkuliahan mereka melakukan komunikasi dengan saya via email, mesenger,
whasapp, telepon disini saya selalu
menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Bila berada didalam kelas saya
memposisikan diri sebagai seorang dosen, tapi jika berada diluar kelas saya
memposisikan sebagai ibu bagi mereka, sahabat, teman; sehingga di waktu yang
lain para mahasiswa berkata bahwa mereka ingin menjadikan saya sebagai dosen
pembimbing mereka. kalau ada ujian Proposal atau Skripsi mereka berlomba-lomba mengusulkan
nama saya untuk menjadi pembimbing atau penguji mereka. Ada juga celoteh dari
para mahasiswa bahwa seandainya dunia kampus ini sama dengan masa sekolah ada
guru walinya, mereka pingin menjadikan saya ini wali kelas mereka.
24. Manfaat kegiatan
Manfaat dari kegiatan dapat memberikan nilai positif bagi
mahasiswa untuk dapat memperoleh wawasan luas, memilik iketrampilan untuk
memulai usaha baru, ketrampilan menjual produk, ketrampilan mengelola keuangan,
ketrampilan administrasi,dan ketrampilan berinteraksi sosial. Mereka juga bisa
menjadi seorang entrepneur, bahkan ada beberapa mahasiswa saya yang telah memiliki usaha sendiri ada yang buka
usaha di mall, ada yang via online, ada yang buka rumah makan, ada buka bengkel, ada yang buka counter pulsa, dan
lain-lain. Suatu ketika saya bertemu dengan mereka di mall atau tanpa sengaja
di tempat mereka buka usaha mereka langsung menyapa saya dengan sebutan mem
terima kasih karena sudah mengajarkan kepada kami tentang kewirausahaan
sehingga kami boleh menjadi seorang entrepneur walau usaha kami masih kecil,
saya terseyum dan saya sampaikan kata-kata yang penuh motivasi : bagus, mantap,
tetap sabar pasti akan berkembang usaha
kalian asal tetap tekun dan ulet. Tujuan utama saya yaitu membentuk pribadi
yang mandiri, memilki sifat untuk senantiasa mau mengucap syukur atas apa yang
mereka miliki saat ini, menghormati orang lain dan memiliki jiwa sosial dengan
tetap berpegang teguh pada norma-norma yang ada serta motivasi
belajar mereka semakin meningkat. Dan ketika kualitas mereka meningkat, saya
yakin akan membawa nama institusi makin dikenal oleh masyarakat umum. Sedangkan
manfaat bagi institusi yaitu mengenalkan Universitas Teknologi Sulawesi Utara ke masyarakat luas supaya ke depan
akan banyak mahasiswa baru yang mau bergabung masuk
Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Bagi pihak lain yang terlibat
yaitu mereka bisa menikmati hasil dari kegiatan yang kami lakukan.
Komentar
Posting Komentar