Puji Tuhan sehingga saya bisa Lulus dalam Tes Sertifikasi Dosen Tahap I Tahun 2020. Perdana via Aplikasi Sister

 

 

 

 

INSTRUMEN SERTIFIKASI DOSEN

Deskripsi Diri

 

 

IDENTITAS DIRI

 

 

 

1.     Nama Dosen yang Diusulkan               :

DIANA CHRISMA IMELDA WANGANIA

2.          NIDN                                                      :

3.          Perguruan Tinggi Pengusul                  :

4.          Nomor Peserta                                       :

5.          Bidang Ilmu                                            :

0925127301

Universitas Teknologi Sulawesi Utara

0925127301

Manajemen (571)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2020


A.  Pengembangan Kualitas Pembelajaran

A.1.     Berikan CONTOH NYATA semua usaha kreatif yang telah atau sedang Saudara lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan jelaskan dampaknya!

 

1.               Usaha kreatif

Ada dua hal yang memotivasi saya jadi dosen yang pertama melihat seorang guru besar yang memiliki kharisma dalam membawakan materi di depan kelas dan kedua melihat seorang dosen yang begitu tampil di depan kelas tangannya gemetaran caranya dalam mengajar tidak menyenangkan bagi kami mahasiswa. Ini menjadi pembanding bagi saya. Ketika melihat sang  Guru besar saya punya cita-cita untuk menjadi seorang dosen mirip seperti beliau, saat itu saya bergurau dengan teman mahasiswa bahwa saya harus jadi dosen. Puji syukur keinginan saya dikabulkan oleh Tuhan, saya jadi dosen di Universitas Tekniologi Sulawesi Utara. Agar tidak seperti dosen yang kedua, setiap kali dalam membawakan materi di depan kelas saya selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Di awal perkuliahan saya menyampaikan penjelasan umum mata kuliah,disiplin waktu. jadwal kuliah, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), capaian pembelajaran, aturan perkuliahan, komitmen kontrak perkuliahan, bentuk/metode pembelajaran, kriteria penilaian/indikator dan aplikasi pertemuan disusun satuan acara pembelajaran (SAP).  Untuk penyajian materi saya menggunakan laptop, LCD dan whiteboard; di akhir perkuliahan saya mengadakan evaluasi tanya jawab, kuis dan memberikan tugas. Tugas ini mahasiswa mengirimkan lewat email kepada saya, oleh karena itu para mahasiswa diwajibkan memiliki alamat  email. Jadwal perkuliahan saya pas di siang hari antara pukul 11.00-13.00 wita, ini merupakan tantangan bagi saya karena di jam-jam seperti ini membuat anak didik saya mengantuk, lapar, haus, atau kurang bersemangat dalam mengikuti kuliah disebabkan cuaca yang panas. Menyikapi hal ini maka saya sebagai dosen harus memiliki strategi pembelajaran supaya mereka fokus dalam mengikuti kuliah. Misalnya mereview materi dengan menunjuk secara bergiliran atau meminta  beberapa orang untuk menjelaskan materi yang di pelajari sebelumnya. Ini saya lakukan supaya mahasiswa lebih fokus, konsentrasi dalam mengikuti kuliah, hasilnya selama saya mengajar di jam seperti diatas saya tidak pernah mendapati mahasiswa tidur didalam kelas.Contoh usaha kreatif: Pertama, menggunakan media microsoft powerpoint dan aplikasi whatsapp untuk membantu dalam proses pembelajaran disini saya menggunakan laptop sendiri. Kedua, Simulasi. Misalnya pada mata  kuliah asas-asas manajemen mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok kemudian mereka  simulasi di depan kelas materi seperti Manajemen Bapak, Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka dan Manajemen Demokrasi.Ketiga, memberikan kuis sederhana pada setiap topik perkuliahan, kuis ini bersifat terbuka dan untuk penilaian saya berikan kepada mahasiswa lainnya. Keempat, Praktikum Kewirausahaan/Entrepneurship, disini mahasiswa dilatih untuk menjadi seorang entrepneur dengan membuat atau mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat misalnya pot bunga dengan bahannya dari handuk bekas. Kelima, untuk mata kuliah Ekonomi Koperasi saya terapkan strategi pembelajaran model kooperatif, mahasiswa diberi tugas untuk melakukan visitasi pada kantor koperasi yang ada di Manado, seperti kantor koperasi  propinsi sulawesi utara, kantor koperasi kotamadya manado, bank bukopin dan koperasi sejahtera, kemudian mahasiswa diminta untuk membuat laporan dari hasil kunjungan tersebut; berdasarkan data yang mereka dapatkan mereka membentuk koperasi mini

 

 

2.               Dampak perubahan

Pertama: Penggunaan media microsoft powerpoint, tampilannya saya buat semenarik mungkin tentunya didukung dengan gambar yang berhubungan dengan mata kuliah yang diajarkan; hasilnya mahasiswa tertarik dan tetap fokus dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dan jika ada yang kurang paham mereka sering menghubungi saya lewat whatsapp untuk menanyakan materi yang kurang mereka pahamii dan lewat aplikasi ini mereka lebih terbuka dalam berkomunikasi dengan


saya. Kedua: Simulasi, mahasiswa memperoleh pengalaman melalui situasi yang dibuat  sedemikian rupa sehingga menyerupai keadaan yang sebenarnya dan hasilnya mereka lebih aktif untuk belajar, menghayati, sekaligus memahami lebih berani dalam mengeluarkan pendapat dan semakin termotivasi untuk hadir dalam mata kuliah saya. Ketiga, Pemberian kuis ini dapat mencairkan suasana sehingga proses belajar terasa lebih menyenangkan karena mereka diberikan kesempatan untuk beragumentasi atas jawabannya,dengan ini mahasiswa juga dapat mengukur dan mengetahui sampai sejauh mana pemahaman mereka atas materi yang diberikan. Keempat, Praktikum kewirausahaan/Entrepreneurship ini mendapatkan respon sangat baik dari mahasiswa, mereka sangat antusias dalam membuat pot bunga dari bahan handuk bekas karena mereka diberikan kebebasan untuk berkreatifitas dalam membuat pot bunga ini dan hasil karya dari mahasiswa ini mereka jual kepada para dosen, mahasiswa dan lingkungan yang ada di  luar  kampus. Untuk hasil dari penjualan ini mereka sumbangkan ke Panti Asuhan Nazareth yang ada di Tomohon kegiatan ini dipublikasikan di www.utsu.ac.id dan kelebihannya dibagikan kepada masyarakat yang di sekitar kampus seperti para pedagang kaki lima, tunanetra dan gelandangan kegiatan ini juga diliput detikmanado.com. Kelima, dari strategi pembelajaran kooperatif ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dimana mereka lebih memahami, dan memperoleh pengetahuan bagaimana prosedur dari pembentukan sebuah koperasi, jenis-jenis koperasi, jumlah koperasi yang aktif dan tidak aktif, disini juga mereka langsung mendemonstrasikan/praktekan secara langsung pembentukan koperasi mini di kelas meskipun usaha koperasi ini hanya berjalan kurang lebih satu semester dan dampak lainnya memberikan nilai positif bagi mahasiswa untuk lebih mandiri, mampu bekerjasama juga memiliki toleransi antar sesama mahasiswa. kegiatan ini saya publikasikan lewat blog pribadi saya: dianawangania.blogspot.com. Dampak perubahan disini mahasiswa jadi lebih rajin mengikuti proses belajar mengajar dan prestasi mereka mengalami peningkatan.

 

A.2.     Berikan CONTOH NYATA kedisiplinan, keteladanan, dan keterbukaan terhadap kritik yang Saudara tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran.

 

3.               Kedisiplinan

 

Saya selalu memiliki komitmen serius dan tekun dalam melaksanakan proses pembelajaran, khususnya mata kuliah yang saya ampu, karena komitmen ini penting guna menjamin kesinambungan kegiatan akademik, dengan adanya disiplin dalam kelas saya dapat mengatur dan mengarahkan pencapaian tujuan dari belajar dan dapat menghindari gangguan-gangguan dalam melakasanakan rencana belajar. Dengan disiplin ini mahasiswa akan terbiasa melakukan kegiatan belajar secara terarah untuk pencapaian tujuan dan dapat membentuk watak dari mahasiswa itu sendiri. bagi mahasiswa lebih ditekankan pada disiplin diri sendiri. Contohnya: masuk kelas tepat waktu, tidak menerima telepon atau main game, facebook, instagram, whatsapp saat kuliah berlangsung dan mereka diminta untuk tepat waktu dalam memasukkan tugas yang mereka kirimkan lewat email. Selalu saya ingatkan pada mahasiswa jika mereka terbiasa hidup disiplin, maka mereka akan hidup sukses dan apa yang mereka inginkan pasti akan tercapai karena suatu keberhasilan harus dibarengi dengan disiplin.Disiplin bukan hanya bertepuk sebelah tangan maksudnya bukan hanya bagi mahasiswa, tapi saya berlakukan buat saya pribadi. Contohnya: saya akan datang limabelas menit lebih awal sebelum kuliah berlangsung baik itu jam mengajar saya di jam pertama atau jam kedua, cara ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa karena mereka melihat saya sudah berada di kampus, saya juga berusaha untuk selalu hadir dalam pertemuan elajar mengajar dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke enambelas. jika ada jadwal kuliah bertepatan dengan hari libur pas tanggal merah, maka saya akan menebus pertemuan tersebut di  hari yang lain supaya tatap muka genap enambelas kali pertemuan, jadi penyelenggaraan perkuliahan yang saya lakukan menurut standard jumlah yang ditentukan, dan untuk soal ujian dan penyerahan nilai mahasiswa sesuai dengan jadwal yang ditetapkan., .

 

4.               Keteladanan 

Keteladanan berarti melakukan apa yang diucapkan dan mengucapkan apa yang sudah dilakukan.Sebagai contoh: ketika dalam proses belajar mengajar saya memberikan contoh hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal, berbicara dengan bahasa yang santun, disaat membutuhkan bantuan selalu menggunakan kata tolong atau terima kasih, ketika bertemu dengan orang lain  selalu menyapa terlebih dahulu dengan senyuman sambil memberi hormat selamat pagi/siang/sore/malam. Dalam hal berpakaian selalu memakai baju yang rapi dan sopan baik di ruang kelas maupun lingkungan kampus. dengan sikap keteladanan yang saya tonjolkan ini saya yakin akan memberikan pengaruh positif buat para anak didik saya dan mampu menggerakkan hati para mahasiswa untuk lebih rajin belajar sehingga pencapaian tujuan dalam pembelajaran dapat terpenuihi, Sudah selayaknyalah sebagai seorang dosen memberikan teladan yang baik kepada mahasiswa karena seorang pendidik akan memberikan dampak yang besar pada kepribadian para mahasiswa. Teladan ini saya tunjukkan juga bagi teman sejawat, staf administrasi, pimpinan institusi juga kepada masyarakat yang ada di lingkup kampus maupun di luar kampus. bagi saya seorang dosen tidak sekedar hanya meberikan perintah kepada mahasiswa, tetapi juga harus  disertai dengan tindakan nyata memberikan contoh yang baik karena keteladanan merupakan obat yang mujarab, Saya juga harus mampu menampilkan keteladanan yang baik kepada mahasiswa terlebih dalam sikap dan tingkah laku yang harus sejalan dengan ucapan dan tindakan saya, apalagi dalam menghadapai anak-anak dijaman milenial.

 

5.               Keterbukaan terhadap kritik

 

Saya termasuk salah satu orang yang memiliki sikap senang kalau dikritik oleh orang lain, baik itu dari pimpinan, teman sejawat, staf administrasi mauoun dari mahasiswa. Karena kritik  adalah media yang bisa digunakan untuk menilai atau mengukur baik atau tidak, berhasil atau tidak cara saya mengajar dikelas. Sebagai seorang dosen saya menyadari bahwa saya juga memiliki keterbatasan makanya didepan mahasiswa saya sering berkata silahkan krtitik saya, tetapi kritik yang kalian berikan haruslah kritik membangun, ada kalanya mereka takut untuk memberikan  kritik ini dikarenakan mereka takut saya tidak akan berikan nilai kelulusan kepada mereka  nantinya. tapi saya tekankan kepada mereka bahwa saya tidak akan marah ataupun simpan dendam atas kritik yang diberikan kepada saya, karena saya lebih senang kalau diantara peserta didik dengan saya ada sikap terbuka supaya kedepan proses belajar mengajar dikelas boleh berjalan dengan baik; saya sering mengatakan kepada mereka bahwa saya ini bisa jadi ibu, sahabat , teman bagi kalian, akhirnya mereka tidak segan untuk memberikan kritik bagi saya. Sebagai contoh; ada seorang mahasiswa yang memberikan kritik dalam hal proses belajar mengajar dikelas seperti saya terlalu cepat dalam berbicara atau menjelaskan materi didepan kelas akibatnya mereka kurang paham dari materi yang saya sampaikan kepada mereka. Ketika mendapatkan kritikan tersebut saya tidak memarahi mahasiswa tersebut, tapi saya mengucapkan terima kasih atas kritik yang diberikan


dan menerima dengan lapang dada dan disaat itu juga saya langsung memperbaiki diri. Saya tidak akan segan untuk meminta maaf kepada teman dosen atau mahasiswa apabila melakukan  kesalahan, karena bagi saya kritik bukanlah sesuatu hal yang menakutkan atau akan membuat saya menjadi rendah diri, tapi sebaliknya hal itu dapat memberikan motivasi untuk lebih memperbaiki diri dari kekurangan dalam proses belajar mengajar agar tujuan dari pembelajaran boleh terlaksana dengan baik.


B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian

B.1.     Sebutkan publikasi karya-karya ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya dengan cara mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut memiliki nilai inovatif.

 

6.               Publikasi karya ilmiah 

Ada empat karya ilmiah yang sudah saya buat dan dipublikasikan: 1) Peran Teknologi  dan  Investasi Human Capital sebagai Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas, bidang keilmuan 160105 manajemen-sumber daya manusia-manajemen kinerja. Yang dipublikasikan lewat Jurnal Ilmiah Universitas Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu volume 1 nomor 1 Tahun 2013 ISSN 2354-709X pada tanggal 18 Desember 2013. 2) Analisis Faktor yang memepngaruhi keunggulan Bersaing Produk dalam Rangka meningkatkan Kinerja Pemasaran, bidang keilmuan 290204 manajemen dan ekonomi-manajemen industri-manajemen pemasaran. ini dipublikasikan lewat Jurnal Ilmiah Universitas Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu volume 2 nomor 1 tahun 2014 ISSN 2354-709X pada tanggal 17 desember 2014. 3) Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai Sekretariat Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, bidang keilmuan 290203 manajemen ekonomi-manajemen industri- manajemen sumber daya manusia. Dipublikasikan lewat Jurnal Ilmiah Universitas Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu volume 3 nomor 1 tahun 2015 ISSN 2354-

709 pada tanggal 22 juni 2015. 4) Keunggulan Bersaing; Faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampaknya pada Kinerja Selling-in, bidang keilmuan 294204 manajemen dan  ekonomi-  manajemen industri-manajemen pemasaran. Dipublikasikan lewat Jurnal Ilmiah Universitas Teknologi Sulawesi Utara URL: http://jiutsu.com/index.php/jiutsu volume 6 nomor 3 tahun 2016 ISSN 2354-70909 pada tanggal 15 juni 2016

 

7.               Makna dan kegunaan 

Makna dan kegunaan dari penelitian: 1) Peran teknologi dan investasi human capital sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi berkualitas, peran teknologi pendidikan ini memberikan pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, walaupun pertumbuhan ekonomi yang ada cukup tinggi tapi belum berkualitas karena secara riil belum mampu untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang ada. Jadi makna dan kegunaan dari penelitian ini adalah dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas diharapkan mampu untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang ada sehingga kesejahteraan masyarakat akan terwujud, 2) analisis faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing produk dalam rangka meningkatkan kinerja pemasaran, kita mampu untuk menganalisis strategi menciptakan  keunggulan yang berkompetitif, sehingga suatu produk itu bisa bersaing dengan yang lainnya. 3) Proses rekrutmen dan seleksi pada kinerja pegawai sekretariat pemerintah kabupaten minahasa utara yaitu dapat memberikan kontribusi bagi pegawai sekretariat yang ada di kabupaten minahasa utara dalam melakukan proses rekrutmen dan seleksi pada kinerja pegawai untuk memperoleh


tenaga kerja yang berkualitas.4) Keunggulan bersaing faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampak nya pada kinerja selling-in yaitu diperolehnya kemampuan melalui suatu karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama. Jika keempat penelitian ini dihubungkan dengan pengembangan keilmuan/keahlian saya sebagai seorang dosen dalam hal ini jsaya harus punya kemampuan dalam menggunakan tekonogi untuk menunjang kinerja saya sebagai seorang dosen karenaa dengan meningkatkan kualitas pendidkan dan sumber daya dalam hal ini dosen dan mahasiswa, maka kampus kami ini akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat luas, begitu juga dalam hal produk disini adalah kampus kami, sebagai dosen saya  harus menciptakan strategi yang baik, maka kampus kami ini akan dapat menciptakan tenaga kerja yang unggul dan dapat bersaing dengan kampus lainnya.

 

8.               Nilai inovatif 

Nilai Inovasi dari penelitian saya tentang 1)peran teknologi ini yaitu dapat menghubungkan saya dengan mahasiwa dalam hal berbicara dunia internet, disini saya mengaplikasikannya lewat semua tugas yang di berikan kepada mahasiswa yang kemuadian mereka kirimkan hasilnya lewat email, dengan ini saya dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan teknologi, sehingga kualitas sumber daya mereka tidak dapat diragukan. 2) jika dihubungkan dengan mata kuliah yang saya ajarkan yaitu entrepreneurship/kewirausahaan untuk poin yang kedua yaitu saya terapkan kepada mahasiswa bagaimana menciptakan suatu produk yang mampu untuk bersaing dalam sebuah praktikum disitu mereka dapat berkreasi sesuai dengan keinginannya. 3)Proses rekrutmen dan seleksi pada kinerja karyawan yaitu lebih kreatif, inovatif, konsisten dan memiliki wawasan yang luas serta bertanggung jawab sepenuhnya dalam pekerjaan. 4) Keunggulan bersaing ini yaitu bagaimana menciptakan srategi dalam keunggulan bersaing dalam suatu produk. Dalam penelitian yang saya buat ini terdapat nilai-nilai inovatif yang dapat  dihubungkan  saya kembangkan di kampus tempat saya bekerja sekaligus mengabdi sebagai seorang dosen dan pastinya saya akan kembangkan dalam proses belajar mengajar, agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas serta mampu untuk bersaing ketika anak didik saya masuk dalam dunia kerja.

 

B.2.     Berikan CONTOH NYATA konsistensi dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.

 

9.               Konsistensi 

Konsisten merupakan suatu tindakan yang sangat penting dalam peningkatan kinerja seorang dosen seperti konsisten dalam menggunakan strategi pembelajaran, misalnya bagaimana saya menggunakan metode dan teknik yang benar dan dalam hubungan sehari-hari baik sesama dosen teman sejawat, pimpinan maupun dengan mahasiswa. Selama ini saya selalu menentukan tujuan dan batasan spesifik dengan arah yang jelas supaya saya selalu benar-benar memiliki sikap yang konsisten, saya selalu berusaha untuk bertindak secara konsisten terhadap apa yang menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang dosen. Sebagai contoh, saya selalu menepati janji kepada setiap orang, baik itu kepada mahasiswa, teman sejawat maupun kepada atasan atau pimpinan, karena bagi saya pendirian yang konsisten akan dapat dijadikan modal dasar dalam membangun kebersamaan. Salah satu bentuk konsisten yaitu tetap mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme saya dengan berusaha melakukan kegiatan yang konsisten ini dapat dilihat dari


jenjang pendidkan yang saya tempuh dari S1 dan S2 saya memfokuskan pada program studi manajemen dengan harapan dapat memiliki keahlian dan mengembangkan ilmu yang saya miliki serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka. Contoh lainnya adalah ketilka dalam membuat karya ilmiah, saya harus konsisten pada bidang ilmu yang telah saya tekuni supaya hasil yang didapatkan dari pembuatan karya ilmiah ini benar-benar bisa digunakan untuk pengembangan keilmuan yang saya milik. Saya juga sangat menjunjung tinggi konsistensi baik dalam bersikap dan bertindak untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme.

 

10.               Target kerja 

Sebagai insan perguruan tinggi yang dihadapkan dengan berbagai fenomena dan kegiatan dalam rangka mengabdikan diri pada bangsa dan negara terutama dibidang pendidikan yang tugas pokoknya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi harus memiliki semangat yang tinggi, sehingga berbagai permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan. Tetap semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas agar dapat menyelesaikan kegiatan dalam sebuah organisasi dengan merumuskan target pencapaian dan menerapkan disipin kerja. Saya selalu bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga tugas yang saya embani dapat terselesaikan sesuai dengan target/waktu yang direncanakan kerja. Supaya saya dapat menyelesaikan proses belajar mengajar sesuai dengan target kerja yang sudah ditetapkan oleh  pihak akademik, maka saya selalu mengacu pada Rencana pembelajaran semester (RPS) dan  Satuan acara pembelajaran (SAP). Dalam melaksanakan tugas sebagai seorang dosen saya memiliki target kerja, yaitu: pertama pada akhir tahun 2020, saya akan mempublikasikan jurnal ilmiah yang telah saya buat secara individu yang tertulis pada riwayat penelitian pada aplikasi sister. Kedua, di awal tahun 2021 saya akan membuat karya ilmiah dengan melibatkan teman sejawat sesama dosen maupun dengan melibatkan mahasiswa serta mempublikasikannya sebagai jurnal nasional yang terakreditasi. Sebagai dosen mata kuliah entrepneurship/kewirausahaan target saya yang ketiga pada akhir tahun 2021 adalah membuat bengkel Entrepreneurship atau Kewirausahaan di kampus dengan melibatkan mahasiwa sehingga potensi dari mahaiswa bisa digali, disamping itu saya dapat mengembangkan ilmu dan keahlian saya sebagai seorang dosen.


C.  Pengabdian kepada Masyarakat

C.1.     Berikan CONTOH NYATA penerapan keilmuan/keahlian Saudara dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Deskripsikan dampak perubahan dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan tersebut!

 

11.               Kegiatan PKM 

Salah satu pilar Tridharma Perguruan TInggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat, dimana kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencakup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia anatara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan ketrampilan yang dilakukan oleh civitas akedemika sebaga perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas. Pembinaan dan pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  dilakukan untuk menjadikan Universitas Teknologi Sulawesi Utara unggul dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.saya telah melakukan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Sebagai Contoh: Tahun 2015 dua kali dalam setahun melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang pertama di desa Kuwil sebagai Ketua, saat itu saya bersama dengan Kaprodi Sospol, Kaprodi Komunikasi bersama dengan rekan-rekan dosen  mendampingi  mahasiswa dari Prodi Sospol dan Komunikasi. Yang kedua di Sekolah Luar Biasa Damai Tomohon,status sebagai Ketua dan saat itu saya mendampingi mahasiswa dari Fakultas Ekonomi. Tahun 2017 dua kali dalam setahun melakukan perkunjungan, yang pertama di Panti Werdha Ranomuut sebagai Ketua mendampingi mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Ekonomi dan yang kedua di Bina Netra Tumoutou Perkamil, sebagai ketua saya mendampingi mahasiswa dari prodi Manajemen, Sospol dan komunikasi. Tahun 2018 Trip tiga Pulau (pulau Bunaken, Siladen, Naen), status saya sebagai Anggota. Tahun 2019 di Panti Asuhan Nurul Hidayah Sea, status saya sebagai Ketua saat itu Kaprodi Manajemen dan teman dosen ada yang ikut mendampingi mahasiswa prodi Manajemen dan Studi Pembangunan

 

12.               Dampak perubahan 

Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat membawa pengaruh positif baik di pihak masyarakat, institusi lebih khusus lagi mahasiswa. Sebagai contoh: bakti sosial yang dilakukan di desa Kuwil di tahun 2015 kalau di pihak masyarakat mereka begitu merespon kegiatan PKM yang kami lakukan sehingga membawa dampak perubahan yang positif, seperti kegiatan mapalus yang mulai pudar, nampak jelas di hari saat kami melakukan kegiatan bakti sosial, walaupun nilai cukup kecil tapi berdampak cukup besar, saat itu warga masyarakat berlomba-lomba untuk memberi diri dalam mengerjakan jalan yang merupakan akses menuju desa Kuwil. Demikian juga dalam  kegiatan PKM di tahun 2017 saat kunjungan di Panti Werdha Perkamil, kami di sambut dengan penuh sukacita oleh penghuni panti yaitu orang tua lanjut usia; juga ketika di tahun yang sama  kami mengadakan kunjungan di Bina Netra Tumoutou disana kami disambut sangat baik orang para Tunanetra dan dampak perubahan dari para Lansia dan Tuna Netra, nampak ada kebahagiaan terpancar dari wajah mereka ketika menyambut kedatangan kami civitas Universitas Teknologi


Sulawesi Utara. Tahun 2018 ketika kami civitas Universitas Teknologi Sulawesi Utara melakukan PKM di tiga pulau seperti pulau Bunakaen, SIladen dan Naen; kegiatan yang kami lakukan saat itu yaitu pembersihan sampah-sampah plastik yang ada dipinggir pantai, dampaknya pantai jadi bersih dan para wisatawan akan semakin tertarik untuk berwisata di tiga pulau tersebut. Dalam setiap kegiatan PKM saya selalu melibatkan mahasiswa karena saya ingin mendidik mereka untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi, karena melihat sifat peduli kepada sesama manusia yang kelihatannya sudah mulai terkikis karena perubahan zaman atau perkembangan dunia yang  semakin canggih. Harapan saya para mahasiswa ini selalu dapat bersyukur dengan keadaan mereka saat ini, memiliki sikap tahu menghargai terhadap orang lain, serta nilai-nilai positif lainnya. Sedangkan dampak perubahan bagi mahasiswa yaitu mereka semakin termotivasi untuk mau  belajar dan semakin rajin mengikuti kuliah/proses belajar mengajar yang ada di kampus.

 

13.               Dukungan masyarakat 

Tanpa tujuan yang jelas dan berkelanjutan dipastikan dukungan yang di daptakan dari masyarakat sangat terbatas bahkan mungkin negatif. Tapi ketika kami melakukan kegiatan PKM, saya melihat antusiasme dari masyarakat cukup tinggi. Sebagai contoh; ketika kami melakukan kegiatan bakti sosial di desa kuwil dalam rangka pembuatan jalan menuju jembatan. Saat itu kami disambut dengan sangat baik oleh pemerintah desa kuwil dalam hal ini bapak Hukum Tua dan Ketua Badan permusyawaratan desa beserta dengan masyarakat yang ada di desa kuwil. Perkunjungan kami ini sangat berkesan karena masyarakat dan pemerintah memberikan kami buah-buahan sebagai tanda ucapan terima kasih atas perkunjungan kami saat itu, meskipun cuaca hujan gerimis tapi kegiatan itu berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.Contoh lainnya ketika kami civitas Universitas Sulawesi Utara melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di tiga pulau yaitu Bunaken, Siladen dan Naen; dukungan masyarakat dari ketiga pulau pun sangat baik ketika terhadap kami, bahkan baru turun dari perahu pelang kami langsung disambut oleh masyarakat, sampai kamipun di jamu dengan makanan oleh masyarakat, ketika kami pulang pun mereka menyempatkan diri memberikan kami oleh-oleh hasil laut berupa ikan yang merupakan tangkapan mereka di malam hari. Saya bersyukur kepada Tuhan karena disetiap kegiatan PKM yang kami lakukan selalu mendapatkan respons positif dari masyarakat.

 

C.2.     Berikan CONTOH NYATA kemampuan berkomunikasi dan kerjasama yang Saudara tunjukkan dalam pengabdian kepada masyarakat.

 

14.               Kemampuan berkomunikasi 

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah penting dalam pendidikan  dan pekerjaan, karena dengan komunikasi yang baik dapat membantu saya untuk tampil lebih baik di tempat kerja serta dapat menciptakan kesan yang baik tentang diri saya serta dapat menjamin hubungan yang lebih luas. Komunikasi yang efektif akan terjadi apabila terdapat aliran informasi dua arah dan informasi tersebut sama-sama di respon. Dengan adanya ketrampilan dalam berkomunikasi dapat membantu saya menjalin sebuah hubungan yang baik dengan mahasiswa, rekan sejawat, staf administrasi maupun pimpinan kampus. dalam hal membangun hubungan yang sukses serta dapat meningkatkan produktivitas kerja. Dalam melaksanakan tugas saya sebagai dosen saya selalu menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan baik, sehingga tidak diketemukan


kendala dalam pelaksanaan tugas saya sebagai dosen. Sebagai contoh; dalam pelakasanaan pengabdian kepada masyarakat di Panti Werdha Ranomuut , disana saya berhadapan dengan para orang tua lanjut usia yang kita ketahui bersama kalau berhadapan dengan nenek-nenek ini jika kita tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik atau apabila saya tidak dapat berkomunilkasi dengan mereka pastinya nenek-nenek ini tidak ada respons sama sekali dengan saya dan para mahasiswa yang hadir saat kegiatan PKM. Begitu juga dengan PKM yang dilaksanakan di Bina Netra  Perkamil disana para penghuni panti semuanya mengalami kebutaan secara jasmani, tapi meskipun mereka tidak dapat melihat, mereka memiliki mata hati yang peka, dalam kegiatan PKM ini kami dapat berinteraksi dengan baik bahkan seringkali terdengar tawa diantara mereka. ada beberapa orang yang minta izin untuk pergi sholat di mesjid, selesai sholat merek langsung balik sambil berlari-lari untuk kembali bergabung dengan kami civitas Universitas Sulawesi Utara ini salah satu bukti nyata bahwa saya mampu untuk berkomunikasi-menyampaikan informasi yang dapat dipahami oleh mereka.

 

15.               Kemampuan kerjasama 

Ketika mengembangkan inisiatif untuk terlibat dalam aktivitas kelompok, disitu saya belajar bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.karena bagi saya kerjasama itu adalah keinginan untuk bekerja dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok tersebut, bukan bekerja secara terpisah atau saling berkompetisi. Kemampuan bekerjasama sangat diperlukan karena sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari  manusia akan selalu membutuhkan manusia lain. Kerjasama yang dimaksud disini ayaitu harus disertai dengan pengertian, saling menghargai dan sling membantu. Mampu bekerjasama dalam  tim kerja dan mampu menempatkan diri dengan baik sebagai pemimpin maupun anggota tim kerja. Sebagai contoh: kegiatan PK M yang saya sudah lakukan pada tahun 2015 didesa Kuwil, di SLB Damai Tomohon, tahun 2017 di panti werdha Ranomuut, di Bina Netra Tumoutou Perkamil, tahun 2017 ketika melakukan PKM di tiga pulau yaitu Bunaken, Siladen dan Naen, tshun 2019 di panti Asuhan Nurul Hidayah Sea; kesemuanya dapat berjalan dengan baik karena ada kerajasama antara saya sebagai dosen dan dengan para mahasiswa terlebih lagi bagi pengurus panti, penghuni panti yang saat itu kami kunjungi dan bagi masyarakat yang ada desa kuwil juga yang ada di pulau bunaken, siladen dan naen.


D.  Manajemen/Pengelolaan Institusi

D.1.     Berikan CONTOH NYATA kontribusi Saudara sebagai dosen, berupa pemikiran untuk meningkatkan kualitas manajemen/pengelolaan institusi (universitas, fakultas, jurusan, laboratorium, manajemen sistem informasi akademik, dll), implementasi kegiatan, dan bagaim

 

16.               Implementasi kegiatan dari usulan/pemikiran 

Untuk peningkatan kualitas manajemen/pengelolaan institusi saya mengusulkan: pertama; membuka kantin kewirausahaan dengan melibatkan mahasiswa dari segi pengelolaan, dengan adanya kantin Kewirausahaan dapat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk  praktek secara langsung bagaimana menjadi seorang entrepreneur walaupun baru mulai dari usaha yang kecil, bagaimana memulai usaha yang baru, mengelola keuangan yang ada dan mereka langsung merasakan profit dari usaha yang mereka jalankan. Jadi disini saya ingin merubah minzet mereka bahwa menjadi seorang entrepneur itu tidaklah sulit, jika mereka sudah dilatih sejak masih di bangku kuliah kedepan setelah mereka tamat nanti mereka bisa mebuka usaha sendiri. Kedua; Dengan melihat latar belakang sulitnya ekonomi saat ini berdampak bagi dosen tidak tetap yang hanya mengharapkan honor dari pihak yayasan, kadang honor yang diterima sering terlambat sehingga membuat para dosen kewalahan untuk mendapatkan pinjaman uang dimana-mana Maka saya memberikan usulan kepada intitusi untuk membuka koperasi di kampus dan untuk masalah Kepengurusan langung ditangani oleh Dosen yang memiliki capability dibidang koperasi  dan  untuk anggota dilibatkan seluruh dosen yang ada di Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Tujuan dibuka kopersi kampus yaitu untuk kesejahteraan para dosen baik dosen tetap maupun dosen tidak tetap. Ketiga; memberikan piagam penghargaan kepada dosen ataupun bagi mahasiswa yang akan ikut kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

 

17.               Dukungan institusi 

Setiap kegiatan yang saya lakukan selalu mendapatkan support dari pihak institusi, Terbukti dari ketika mahasiswa melakukan penjualan di kampus pihak institusi terlbat langsung dalam membeli hasil jualan dari mahasiswa, bahkan mereka turut mepromosikan hasil jualan tersebut supaya boleh dibeli oleh para dosen yang ada. dari sikap yang ditunjukkan oleh pihak institusi menyatakan  bahwa mereka sangat bangga dengan adanya kegiatan seperti ini.. Begitu juga usulan dalam membuka koperasi untuk para dosen, pihak institusi merasa terbantu dengan adanya koperasi ini berarti bisa meningkatkan kinerja para dosen dalam melaksanakan tugas di Universitas Teknologi Sulaweesi Utara. Demikian halnya dengan usulan saya yang ketiga yaitu memberikan piagam penghargaan kepada dosen dan mahasiswa ini langsung ditindaklanjuti oleh pihak institusi terbukti ada dua piagam penghargaan yang diberikan kepada saya yang ditandatangani oleh bapak Rektor pada piagam pertama dan Wakil Rektor III urusan kemahasiswaan pada piagam yang kedua. Pertama: Piagam penghargaan sebagai pembimbing dalam kegiatan Peduli Pendidikan di Sekolah Dasar GP di Talawaan kabupaten Minahasa Utara. Kedua: Piagam penghargaan sebagai pembimbing dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat peduli kasih pada anak-anak panti


asuhan Nazaret di Tomohon.

 

D.2.     Berikan CONTOH NYATA kendali diri, tanggung jawab, dan keteguhan pada prinsip yang Saudara tunjukkan sebagai dosen dalam implementasi manajemen/pengelolaan institusi.

 

18.               Kendali diri 

Kendali diri adalah sikap mengendalikan pikiran dan tindakan agar tindakan kita sesuai dengan norma-norma yang benar. Berbicara pengendalian diri merupakan hal yang  sangat  penting  terutama bagi saya sebagai seorang dosen, jika saya memiliki kontrol diri maka saya dapat mengontrol tindakan dan emosi ketika berada di depan kelas dalam proses belajar mengajar dan menghadapi sikap dan prilaku dari setiap mahasiswa. Sebagai contoh: jumlah mahasiswa dalam kelas berjumlah 35 orang, tentunya ada 35 karakter yang berbeda . Ada yang memiliki karakter pendiam, pemalu, tertutup, terbuka, egois, pemarah, suka usil, suka mencari perhatian, pandai,  sabar, memiliki sifat mencoba, dan lain-lain. Nah dalam menghadapi sikap dan perilaku yang demikian, membutuhkan pengendalian diri yang kuat, jika emosi saya muncul atau langsung marah- marah, maka di situlah saya akan menjadi bahan lelucon bagi mahasiswa-mahasiswa. Ini biasanya ditemui pada waktu pertemuan ke dua kali tatap muka dengan mahasiswa. Sebagai contoh: saya pernah mengalami hal semacam ini, yaitu ketika saya mengajar pada semester 3, ketika saya sementara menjelaskan di depan kelas, ada mahasiswa yang duduk di kursi paling belakang tempat duduk sedang asyik bercerita dengan teman disamping kiri dan kanan. Ini benar-benar memancing emosi saya karena suara mereka sangat berisik sampai tertawa-tawa otomatis kelas yang tadinya tenang jadi gaduh. Saat itu saya langsung mendatangi tempat duduk mereka dengan wajah yang ramah dan tenang sambil menyerahkan spidol kepada yang menjadi biang kerok di kelas serta meminta mahasiswa tersebut untuk menjelaskan kembali materi yang sedang saya jelaskan sambil menulis pada whiteboard yang ada di depan kelas.  Hasilnya  pada  pertemuan-pertemuan selanjutnya mahasiswa ini lebih fokus mengikuti materi perkuliahan saya.

 

19.               Tanggung jawab 

Saya bersyukur kepada Tuhan karena setiap tugas yang diberikan kepada saya dapat diselesaikan sesuai dengan target dan jadwal yang sudah disepakati. terlebih dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang dosen, selalu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan selalu menjaga nama baik institusi, pimpinan maupun nama baik saya pribadi. Sebagai contoh; Pertama, saya diberikan tanggung jawab untuk mendampingi para mahasiswa dalam melakukan berbagai macam kegiatan PKM, seperti menjadi seorang pembimbing dalam kegiatan tersebut. jadi saya harus benar-benar menjalankan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab sehingga setiap kegiatan yang di laksanakan boleh berhasil dengan baik, dan setiap tahun kegiatan tersebut dapat dilakukan kembali di setiap semester sesuai dengan kalender akademik. Kedua, ketika saya diberikan tanggung jawab menjadi Pembimbing Proposal dan Skripsi; ini harus saya lakukan dengan penuh tanggung jawab karena apabila saya hanya setengah hati atau kurang bertanggung jawab maka proposal dan skripsi yang dihasilkan nantinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Imbasnya kepada mahasiswa ketika mereka akan duduk dalam kursi pesakitan atau keika akan tampil untuk mempresentasikan hasil proposal dan skripsinya. Tapi sebalinya jika saya


lakukan tugas yang diberikan institusi kepada saya dengan penuh tanggungjawab maka mahasiswa bimbingan saya akan lebih percaya diri ketika maju dalam presentasi ujian proposal dan skripsi

 

20.               Keteguhan pada prinsip 

Sebagai seorang dosen saya harus berpegang teguh pada prinsip. Prinsip saya adalah anak didik  saya harus menyelesaikan studi mereka di Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Karena bagi saya keberhasilan mereka adalah keberhasilan dan kebanggaan saya juga, disamping itu secara moral saya tidak memiliki beban sedikitpun. Tentunya keluaran mereka dari institusi ini  harus  berkualitas. Sebagai contoh, dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa proposal  dan  skripsi, ada satu anak mahasiswa setelah ujian proposal sudah tidak pernah lagi lakukan konsultasi, nanti waktu penentuan ujian skripsi yang bersangkutan baru menghubungi saya lewat aplikasi whasapp katanya mau minta tanda tangan, saya terkejut tidak pernah konsultasi tapi kenapa tiba- tiba mau minta tanda tangan untuk ujian Skripsi jawaban saya kepada yang bersangkutan kamu harus datang temui saya perlihatkan dulu hasil penelitian kamu, saya akan pelajari dulu. Dan ternyata Skripsinya amburadul, saya sampaikan kepada mahasiswa tersebut bahwa dia belum layak untuk ikut ujian skripsi karena hasilnya tidak layak. Saya perlihatkan alasan saya yang didukung dengan tulisan yang ada dalam Skripsi tersebut. Saya tetap idak akan tanda tangan jikalau kamu tidak melakukan perubahan, misalnya abstraknya menunjukkan objek yang berbeda dengan isi Skripsinya, begitu juga dalam penulisan daftar isi dan lain-lain saya tunjukkan kepada yang bersangkutan. Disini saya tetap teguh pada prinsip saya. Dan setelah mahasiswa ini melakukan perubahan baru kemudian saya tandatangan. Akhirnya mahasiswa tersebut mengakui kesalahannya dan meminta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada saya atas koreksi dan bimbingan yang telah saya berikan kepadanya.


E.  Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan

E.1.     Berikan CONTOH NYATA peran Saudara sebagai dosen, baik berupa kegiatan maupun pemikiran dalam meningkatkan kualitas kegiatan mahasiswa dan bagaimana dukungan institusi dalam implementasinya.

 21.               Peran pada kegiatan mahasiswa

Saya sering melibatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan yang saya lakukan misalnya kegiatan bakti sosial ini bisa dilihat di blog pribadi saya dianawangania.blogspot.com. Peran saya dalam kegiatan mahasiswa yaitu sebagai pembimbing dalam kegiatan himpunan mahasiswa jurusan dan sebagai pendamping dalam aktivitas mahasiswa yang dilaksanakan di pulau Lihaga Likupang. Berbicara tentang minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa adalah sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh perguruan tinggi, jadi mengembangkan potensi yang mereka miliki merupakan tanggung jawab dari perguruan tinggi tersebut. Untuk itu saya sebagai dosen merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas mahasiwa tersebut lewat pemikiran-pemikiran yang ada. Sebagai Contoh, pertama, Bengkel Kewirausahaan, mahasiswa memiliki peluang untuk berbisnis atau berwirausaha sendiri makanya harus ada wadah untuk tempat mereka berkreatifitas. Kedua Unit kegiatan mahasiswa (UKM) harus menonjolkan kegiatan olahraga, dan seni tari. Ketiga Pertukaran mahasiswa antar universitas Keempat, Lomba dalam karya tulis ilmiah, Lomba membuat design komputer, Kelima, Membuka kesempatan untuk mahasiswa menjadi asisten dosen Keenam. Bidang keagamaan, melakukan kerjasama dengan universitas swasta dan negeri dalam  hal kerohanian. Dari hasil pemikiran saya, ini dapat menampilkan bakat para mahasiswa asalkan pihak mahasiswa juga mau memberi diri untuk kegiatan tersebut. Demikian hasil pemikiran saya yang bisa digunakan dan diaplikasikan untuk pengembangan kualitas dari mahasiswa, jika ini dilakukan saya yakin kualitas dari mahasiswa ini tidak diragukan lagi ini akan memberikan nilai tambah bagi mereka.

 

22.               Implementasi peran 

Dalam meng-implementasikan peran baik sebagai pembimbing atau sebagai pendamping saya selalu meningkatkan daya nalar dan ketrampilan para mahasiswa, sesuai dengan  minat, kemampuan dan bakat yang mereka miliki, termasuk memupuk rasa percaya diri, sikap berani, tanggung jawab serta mengembangkan potensi diri mahasiswa untuk lebih kreatif supaya mereka lebih mandiri dan dapat bersaing secara positif ketika berada di kampus dan di luar kampus.   Intinya mereka dapat menjadi trampil dan handal ketika memasuki dunia kerja nanti dan melalui kegiatan ini pula saya menanamkan jiwa sosial bagi mahasiswa disamping itu saya sering melakukan pendekatan secara psikologis kepada mereka, supaya mereka merasa nyaman dan selalu meminta nasehat kepada saya di saat menghadapi masalah. Mahasiswa harus diberikan peluang supaya lebih kreatif dan inovatif dalam meng-iImplementasikan pemikiran yang pertama dari bengkel kewirausahaan, saya mengambil kata bengkel bukan berarti bengkel tempat reparasi motor tatapi bengkel di sini adalah bahasa iklan, di bengkel ini mahasiswa bisa mengeluarkan bakat mereka, menyalurkan kreatifitas, berinovasi dibengkel kewirausahaan ini, karena bengkel ini


merupakan wadah atau tempat bagi mereka. dalam memulai usaha awal memang begitu sulit tapi jika ada kerjasama yang baik maka pasti akan menjadi lebih dikenal oleh khalayak ramai. Disini peran mahasiswa yang paling menonjol karena mereka yang harus terjun langsung di bengkel kewirausahaan ini tapi saya sebagai dosen pembimbing akan senantiasa membimbing mereka. Kedua dalam bidang olaharaga, misalnya bela diri, bola volley, dalam Seni Tari ditonjolkan tarian daerah seperti maengket dan katrili tentunya harus mendatangkan tenaga ahli untuk melatih mahasiswa dalam menari. dari seni tari ini disamping kualitas mahasiswa yang ditampilkan juga budaya yang ada bisa dikembangkan. Ketiga, pertukaran mahasiswa antar universitas sangat bagus, pihak insitusi harus membuat surat kerjasama antar universitas. Keempat; lomba karya tulis ini mempersiapkan mahasiswa nantinya untuk masuk dalam penyusununan proposal dan skripsi. Lomba design komputer mahasiswa akan lebih mahir nantinya dibagian komputer. Kelima Asisten Dosen bagi mahasiswa, kalau dosen diambil dari alamamater yang ada otomatis jiwa memiliki intitusi ini semakin kuat didalam diri mahasiswa ini, maka akan didapatkan totalitas kerja dalam bekerja sebagai dosen ini bisa diambil mahasiswa yang berprestasi. keenam, Keagamaan jika mereka melakukan kerjasama dengan universitas negeri atau swasta akan lebih membuka wawasan mereka tentang dunia kerohanian. Intinya dalam mengimplementasikan pemikiran-pemikiran saya dibutuhkan keuletan, tekun, harus loyal, bertanggung jawab, memiliki pikiran yang positif dan kerjasama dari semua pihak pihak baik antar mahasiswa, dosen dan pihak intitusi yang ada.

 

E.2.     Berikan CONTOH NYATA interaksi yang Saudara tunjukkan dalam peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa dan manfaat kegiatan baik bagi mahasiswa institusi Saudara, maupun pihak lain yang terlibat.

 

23.               Interaksi dengan mahasiswa 

Interaksi merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain, sebagai makhluk sosial selalu mempunyai keinginan dan kebutuhan berinteraksi dengan orang lain dimana interaksi itu terjadi karena manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya seorang diri. Contohnya, sebagai seorang dosen dalam melakukan proses belajar mengajar tidak bisa jalan kalau tidak ada mahasiswa yang hadir untuk mengikuti proses perkuliahan, disini tidak akan tercipta proses belajar mengajar, menyadari adanya keterkaitan anatara dosen dan mahasiswa, makanya dalam  berinteraksi dengan setiap mahasiswa saya selalu menunjukkan sifat empati, memberikan motivasi dan selalu mendampingi mereka dalam setiap kegiatan supaya mereka lebih percaya diri. Disamping itu saya selalu menyediakan waktu bagi mahasiswa yang ingin sharing masalah perkuliahan mereka melakukan komunikasi dengan saya via email, mesenger, whasapp, telepon disini saya selalu menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Bila berada didalam kelas saya memposisikan diri sebagai seorang dosen, tapi jika berada diluar kelas saya memposisikan sebagai ibu bagi mereka, sahabat, teman; sehingga di waktu yang lain para mahasiswa berkata bahwa mereka ingin menjadikan saya sebagai dosen pembimbing mereka. kalau ada ujian Proposal atau Skripsi mereka berlomba-lomba mengusulkan nama saya untuk menjadi pembimbing atau penguji mereka. Ada juga celoteh dari para mahasiswa bahwa seandainya dunia kampus ini sama dengan masa sekolah ada guru walinya, mereka pingin menjadikan saya ini wali kelas mereka.

 

24.               Manfaat kegiatan

Manfaat dari kegiatan dapat memberikan nilai positif bagi mahasiswa untuk dapat memperoleh wawasan luas, memilik iketrampilan untuk memulai usaha baru, ketrampilan menjual produk, ketrampilan mengelola keuangan, ketrampilan administrasi,dan ketrampilan berinteraksi sosial. Mereka juga bisa menjadi seorang entrepneur, bahkan ada beberapa mahasiswa saya yang telah memiliki usaha sendiri ada yang buka usaha di mall, ada yang via online, ada yang buka rumah makan, ada buka bengkel, ada yang buka counter pulsa, dan lain-lain. Suatu ketika saya bertemu dengan mereka di mall atau tanpa sengaja di tempat mereka buka usaha mereka langsung menyapa saya dengan sebutan mem terima kasih karena sudah mengajarkan kepada kami tentang kewirausahaan sehingga kami boleh menjadi seorang entrepneur walau usaha kami masih kecil, saya terseyum dan saya sampaikan kata-kata yang penuh motivasi : bagus, mantap, tetap sabar  pasti akan berkembang usaha kalian asal tetap tekun dan ulet. Tujuan utama saya yaitu membentuk pribadi yang mandiri, memilki sifat untuk senantiasa mau mengucap syukur atas apa yang mereka miliki saat ini, menghormati orang lain dan memiliki jiwa sosial dengan tetap berpegang teguh pada norma-norma yang ada serta motivasi belajar mereka semakin meningkat. Dan ketika kualitas mereka meningkat, saya yakin akan membawa nama institusi makin dikenal oleh masyarakat umum. Sedangkan manfaat bagi institusi yaitu mengenalkan Universitas Teknologi Sulawesi Utara ke masyarakat luas supaya ke depan akan banyak mahasiswa baru yang mau bergabung masuk Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Bagi pihak lain yang terlibat yaitu mereka bisa menikmati hasil dari kegiatan yang kami lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

In Memorial _Mama Nelly Oroh _92 Thn 5 bln 1 hari_ Kuwil 21 Januari 2024_Wanita Peduli Pendidikan Anak

Panti Werdha Damai Ranomuut

Aksi Sosial 30 Menit dari Civitas Akademika Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Jumat, 16 Desember 2022